Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Darah Tinggi dengan Makanan Pedas


Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Darah Tinggi dengan Makanan Pedas
Kemarin kita telah membahas bahwa ternyata makanan pedas bisa membantu diet, kali ini, kita akan bahas keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menogonsumsi makanan pedas. Hm, ternyata efek positif makanan pedas cukup banyak yah, hehehe! Nah, adapun satu lagi manfaat baik makanan pedas adalah bisa membantu menyehatkan jantung, sekaligus menurunkan darah tinggi. 

Kebetulan hal ini kemarin barusan ditemukan oleh seorang peneliti bernama Dr. Zhen-Yu Chen, di Chinese University of Hong Kong. Beliau meneliti sebuah zat yang ada di dalam cabai, yang nama zat tersebut adalah capsaicinoids. Wah, ini zat yang kemarin kita bahas bisa membantu diet nih. Magic juga berarti ini cabai yah, hehehe!

Soalnya kemarin Dr. Chen kemarin sempat melakukan suatu penelitian. Yakni, pertama-pertama beliau mencari 2 kelompok hamster. Lalu, 2 kelompok hamster tersebut dibuat agar melakoni sebuah diet kolesterol tinggi. Besok-besoknya, pada salah satu kelompok hamster, disuguhi makanan yang mengandung capsaicinoids dalam jumlah besar. Sedangkan disuguhi makanan yang nggak ada kandungan capsaicinoidsnya.

Dan hasilnya? Violla! Ternyata geng hamster yang kemarin memakan makanan yang mengandung capsaicinoids dalam jumlah besar tersebut, kadar kolesterol buruknya menurun. Dan, akumulasi kolesterol dalam tubuh mereka juga berkurang. Sudah begitu, aliran darahnya ke jantung menjadi semakin lancar, berarti secara otomatis, otot-otot hamster tersebut menjadi rileks. Kalau geng hamster yang satu lagi? Tidak ada efek signifikan yang terjadi pada mereka, terkait kondisi jantung dan pembuluh darahnya.

Yah, intinya sih, makanan pedas ini membantu peningkatan manfaat hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah deh. Namun tentu saja, kepedasan sebuah makanan ini kan bukan obat. Jadi harus dikonsumsi dalam kadar yang wajar. Dimana-mana kan memang keseimbangan itu harus, dan yang berlebih-lebihan itu tak baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Oseng Mercon - Kuliner Makanan Pedas Khas Jogja di Bandung © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes